Rabu, 19 September 2012

KENALI HATI

Ada beberapa tingkatan kualitas hati yang diinformasikan Allah didalam Al-Qur'an. Hati yang jelek dikategorikan dalam 5 tingkatan :
  1. Hati yang berpenyakit ; orang-orang yang hatinya ada rasa iri, benci, dendam, bohong, munafik kasar, pemarah.
  2. Hati yang mengeras ; hati yang berpenyakit jika tidak segera diobati akan menjadi mengeras. Meraka terbiasa melakukan kejahatan, hatinya tidak lagi peka terhadap kejelekan perbuatannya. Mereka menganggap bahwa apa yang mereka kerjakan adalah benar adannya.
  3. Hati yang membatu ; Hati yang keras kalau tidak disadari akan meningkat kualitas keburukannya. Al-Qur'an meneyebutnya sebagai hati yang membatualias semakin mengeras dari yang sebelumnya.
  4. Hati yang tertutup ; hati kita bagaikan sebuah tabung resonasi. Jika tertutup, maka hati kita tidak bisa lagi menerima getaran petunjuk dari luar.
  5. Hati yang dikunci mati ; Jika hati sudah tertutup, maka tingkatan berikutnya adalah hat yang terkunci mati. Sama saja bagi mereka itu diber petunjuk atau tidak.
Hati yang baik itu mudah bergetar," Orang-orang yang apabila disebut nama Allah bergetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang, dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang yang telah kami rezekikan kepada mereka.
Hati orang yang demikian itu lembut adanya. Mudah iba melihat penderitaan orang lain. Suka menolong. Tidak suka kekerasan. Penyantun. Dan penuh kasih sayangkepada siapapun. Seperti Nabi Ibrahim yang dijadikan teladan oleh Allah serta menjadi kesayanganNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar